Langkah Pencegahan infeksi Virus Conficker

Virus komputer berkembang cukup cepat dan bila kita tidak siap bisa-bisa jadi korban, PC kita lambat lah, banyak error lah dan masih banyak gejala lain yang membuat kita pusing, apalagi kalau kita mepet banyak kerjaan ehh… komputernya error “cape dechh”.

Judul diatas merupakan pencegahan terhadap virus yang merepotkan cukup galak juga. Tapi kalau kitabersiap-siap sebelum hujan alangkah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Untuk mencegah virus ini menginfeksi lebih banyak komputer, pastikan Anda melakukan langkah berikut ini:

1. Pastikan virus tersebut tidak aktif di komputer Anda. Caranya adalah dengan memutuskan hubungan komputer ke jaringan.
2. Jika setelah hubungan ke jaringan diputuskan infeksi virus terhenti, maka artinya sumber virus bukan dari komputer Anda melainkan dari salah satu komputer di jaringan.
3. Cari sumber penyebar virus Conficker di jaringan sebelum mengkoneksikan komputer Anda. Logikanya, semua komputer yang belum di-patch dan terhubung ke jaringan dimana ada satu komputer yang terinfeksi virus Conficker, maka akan terinfeksi Conficker juga dalam waktu singkat. Kecuali komputer-komputer tersebut dilindungi oleh Firewall yang memproteksi port:

  • UDP Port 135, 137, 138 dan 445
  • TCP Port 135, 139, 445 dan 593

4. Patch semua komputer yang sistem operasinya rentan terhadap celah keamanan RPC Dcom 3. Untuk mendapatkan detil patch-nya, silahkan download di situs Microsoft.

Untuk lebih lengkap “klik disini” utuk download artikel.

Dari berbagi sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: