Awas! Virus Conficker

Terkadang kita sering menyepelekan akan hadirnya virus dikomputer atau laptop. Gejalanya memang tidak terasa secara langsung. Tapi demikit demi sedikit pasti akan banyak perubahan yang dirasakan saat kita menggunakannya. Dimulai dari kinerja komputer yang terasa lambat (“lelet” red.) , file hasil copy dari flashdik yang ga bisa dibuka, muncul tulisan yang aneh-aneh. Hal-hal diatas adalah gejala dan reaksi atas infkesi virus yang menyerah sistem komputer kita.

Kini ada lagi virus yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan cukup membuat heboh dunia. Malahan dikarenakan sudah berjuta-juta komputer yang sudah terinfensi, sampai-sampai FBI pun mencari siempu pembuat virus tersebut.

Conficker itu nama virusnya. Menurut Wikipedi, Conficker (juga disebut Downup, Downandup dan Kido) adalah worm yang muncul pada Oktober 2008. Conficker menyerang Windows dan paling banyak ditemui dalam Windows XP. Microsoft merilis patch untuk menghentikan worm ini pada tanggal 15 Oktober 2008. Heinz Heise memperkirakan Conficker telah menginfeksi 2.5 juta PC pada 15 Januari 2009, sementara The Guardian memperkirakan 3.5 juta PC terinfeksi. Pada 16 Januari 2009, worm ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC, menjadikannya salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat.

Virus ini bisa ditularkan melalui jaringan, internet juga “flashdisk”, virus ini susah untuk dideteksi keberadaannya. Jadi hati-hati bagi yang sering menggunakan flashdisk, apalagi kalau dikomputer yang kita pakai tidak memiliki antivirus. Karena itulah disarankan untuk menginstal antivirusnya. Untuk membasmi Conficker, dan “virus lokal” (virus buatan negeri sendiri) lainnya anda bisa menggunakan PCMAV Versi 2.0a terbaru, klik  disini untuk mendownload. Dengan catatan saat mau memabasmi virus conficker komputer harus diputus dari jaringan/internet dan database virus terbaru.

Adapun ciri-ciri dari virus confiker adalah :

  1. Username Login di Active Directory (AD) Windows terkunci berulang-ulang. Jadi meskipun sudah terkunci (lock) dan dibuka oleh Admin, tetapi terkunci lagi.
  2. Komputer mendapatkan pesan error Generic Host Process.
  3. Komputer tidak bisa mengakses situs-situs tertentu seperti http://www.microsoft.com, http://www.symantec.com, http://www.norman.com, http://www.clamav.com, http://www.grisoft.com, http://www.avast.com dan http://www.eset.com dengan pesan “Address not Found” tetapi jika situs-situs tersebut di akses dari alamat IPnya akan bisa diakses. Dan situs-situs lain tidak ada gangguan berarti.
  4. Update definisi antivirus terganggu karena akses ke situs antivirus diblok.
  5. Banyak aplikasi tidak berfungsi dengan baik. Khususnya aplikasi yang memanfaatkan jaringan dan menggunakan port 1024 s/d port 10.000

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: