Inovasi Pendidikan berbasis ICT

ICT (Information and Communnicatin Technology) atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) identik banget dengan yang namanya komputer. Setiap orang pasti telah mendengar apa itu komputer, walau hanya mendengar tapi bayangannya adalah sebuah alat untuk mengetik atau membuat surat dan administrasi lainnya. Padahal disadari atau tidak kita telah ketergantungan dengan dengan komputer “terutama bagi yang menggunakan komputer untuk setiap aspek kehidupannya”. Contoh penggunaanya untuk membuat dokumen apa saja, hiburan, game, tv dan lain sebagainya.

Sekarang bagaimana kalau TIK ini dipergunakan untuk pendidikan misal di sekolah untuk mengajar siswa atau untuk administasi sekolah dan kesiswaan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan memaksimalkan penggunaan komputer/notebook/netbook, dibawah ini ada tip untuk menggunakan ICT untuk inovasi pendidikan.

Tip-tipnya antara lain :

  • Kita bisa menggunkan laptop atau yang lebih simpel lagi dan “hemat” dengan netbook sebagai pengganti buku catatan kita yang akan kita sampaikan kepada siswa di kelas.
  • Apabila sekolah kita telah tersambung ke internet, kita bisa menggunakannya untuk mencari sumber-sumber pelajaran bagi siswa atau Guru selain hanya bersumber dari buku saja.
  • Siswa diberikan PR atau tugas lainnya dan mengumpulkannya lewat email. Hal ini supaya kita terbiasa menggunakan media email untuk komunikasi lewat internet.
  • Untuk mensuport siswa lebih banyak terutama bagi siswa yang sedang magang atau masuk bagian sore misalnya, siswa dan Guru mempunyai account untuk chatting. Bisa lewat Yahoo Messenger, Skype, Meebo dan media chat lainnya. Agar mereka bisa berkomunikasi dengan Gurunya atau sekolah tanpa harus datang ke sekolah.
  • Untuk menerangkan ke siswa kita bisa menggunakan proyektor untuk presentasi kita. Biar siswa bisa melihat dan memperahtikan secara lebih jelas dan seksama terhadap materi yang diberikan.

Sebetulnya masih banyak tips atau trik lain yang bisa kita lakukan, hanya saja implementasinya dilapangan tidak semudah dalam teori. Tapi semoga saja tulisan ini bisa memberikan ide, dan bagi yang sudah menggunakan TIK untuk mengajar atau administrasi lainnya, semoga lebih terpacu untuk terus berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: